Aku Memilihmu, Islam Indonesia (part I)

Aku akan memulainya dengan sebuah sapaan, sugeng siang kawan... Kata sapaan ini yang akan terucap jika kalian di daerahku tinggal (itu dulu). Hari ini akan kumulai dengan sedikit bahasan. Jika kalian tinggal di Indnesia tentu kalian tahu, bahwa meski di Indonesia sebagian besar penduduknya memeluk agama islam. Tetapi tidak semuanya sama dalam hal melakukan ibadah maupun muamalah.

Di negeri tempatklu berada, Indonesia, ada banyak aliran agama yang akan kau jumpa. Sebut saja ada Ahmadiyah, Tarbiyah, Muhammadiyah, Nahdlatul 'ulama, Salaf, LDII, SI, dan masih banyak lagi. Sebenarnya aku juga tidak hafal apa saja namanya. Tetapi yang pasti, ada banyak sekali hingga jari tanganku tak cukup untuk menghitungnya.

Aliran agama tersebut sebagian besar berbeda dalam hal pelaksanaan ibadah dan muamalah, seperti yang kukatakan sebelumnya. Tetapi dalam tulisanku, karena aku belum pernah bergabung dengan semua aliran, aku hanya akan membahas apa yang aku tahu dan sebagian besar menjadi isu di masyarakat. Sejauh yang ku ketahui adalah masalah bid'ah tentang suatu amalan.

Nanti akan kulanjutkan pada bagian yang lain ya,
Berhubung nulis di warnet, jadi terbatas...
Sampai jumpa di bagian selanjutnya..

Komentar

Postingan Populer